Rinna.

Rinna

Sabtu, 28 Januari 2012

Misi Dan Visi Sekolah SMPN 4 MARTAPURA


Visi dan Misi Sekolah

Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah/madrasah. Sekolah/madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga visi sekolah diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki sekolah/madrasah, (2) harapan masyarakat yang dilayani sekolah/madrasah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat: (1) filosofis, (2) khas, (3) mudah diingat. Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh sekolah kami, SMP Negeri 4 Paringin.

1.  Visi Sekolah
Visi sekolah adalah “menjadikan sekolah terpercaya di masyarakat untuk mencerdaskan bangsa dalam rangka mensukseskan wajib belajar, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, dan dalam menghadapi era globalisasi”.
2.  Misi Sekolah
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka     panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas, yaitu:
  1. menyiapkan generasi unggul yang memiliki kompetensi dibidang Imtaq dan Iptek,
  2. membentuk sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan perkembangan zaman,
  3. membekali peserta didik yang memiliki kesadaran, peduli, dan berbudaya lingkungan, dan
membekali peserta didik yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional di era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar